Aplikasi Raport KTSP SD/MI Excel Untuk Semua Kelas - Pos Madrasah

Aplikasi Raport KTSP SD/MI Excel Untuk Semua Kelas

Aplikasi raport KTSP SD/MI Format Excel – Kalau dahulu bentuk raport adalah buku yang ditulis tangan oleh wali kelas masing-masing. Tetapi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat dimanfaatkan oleh tenaga pendidik salah satunya membuat raport dengan excel.

Aplikasi Raport KTSP SD/MI Excel Lengkap
Aplikasi Raport KTSP SD/MI Excel Lengkap


Sebenarnya aplikasi raport KTSP SD/MI seingat saya sudah yang ketiga kalinya saya buat dengan belajar dari para ahli excel. Dan menurut saya sendiri aplikasi ini aplikasi yang pas setelah beberapa aplikasi sebelumnya. Bukan promo ya..hehe..

Karena aplikasi raport KTSP excel ini keunggulannya adalah bisa untuk semua kelas mulai dari kelas satu sampai kelas enam sehingga kita tidak perlu repot lagi membuat aplikasi per kelas yang mungkin agak repot.

Adapun menu-menu pada aplikasi raport KTSP SD/MI excel antara lain sebagai berikut :

#Menu Input meliputi antara lain:

1. Data sekolah atau Madrasah dan data kelas seperti data nama-nama siswa dan wali kelas
2. Data Nilai tiap mata pelajaran
3. Data Absensi dan kegiatan yang lain seperti pramuka dan lain sebagainya

#Menu Output pada aplikasi raport meliputi :

1. Data rekap nilai dari UTS, UAS, dan UKK
2. Cover raport dan data diri siswa yang biasanya dicetak dilembar pertama
3. Cetak Rekap nilai per kelas disini saya bedakan kelas 1 dan 2, kelas 3, kelas 4,5 dan 6 karena mata pelajaran tiap kelas beda-beda dan saya mencoba menyamakan dengan kelas yang lain mana yang sama jumlah mapelnya kemudian saya kelompokkan.
4. Cetak Raport UTS dan UAS, disini adalah format bentuk raport yang akan nanti dibagikan ke siswa. Memang dalam aplikasi tidak saya beri kop surat karena jika dicetak langsung tentu akan lama prosesnya karena itu saya menyarankan membuat kertas kop sendiri agar ketika mencetak nilai lebih cepat.
5. Yang terakhir adalah cetak UKK disini juga sama saya bagi menjadi 3 kelompok kelas. Kenapa UKK saya sendirikan karena di cetak UKK ada sistem naik kelas dan tidak naik kelas. Jadi perlu saya sendirikan formatnya.

Aplikasi raport KTSP SD/MI ini mungkin bisa anda gunakan di madrasah anda dan disini saya bagikan secara gratis agar bisa dipelajari dan dis esuaikan dengan lingkungan sekolah atau madrasah.

Ada hal penting sebelum membuka atau menjalankan aplikasi raport KTSP SD/MI bentuk excel ini. Sebelum membuka file raport ini macro pada excel harus pada posisi enable. Jika belum tahu mengaktifkan macronya silahkan ikuti cara dibawah ini:

Cara Mengaktifkan macro excel :

1. Buka profram Microsoft Office Excel
2. Klik Office Button
3. Pilih tombol Excel Option pada tombol paling bawah
4. Setelah jendela excel option terbuka, cari menu Trust Center pada menu sebelah kiri.
5. setelah itu pada jendela sebelah kanan pilih Trust Center Setting.
6. Berikutnya akan tampil jendela Trust Center, Pilih menu Macro Setting di jendela sebelah kiri. Kemudian pada jendela sebelah kanan pilih Enable All Macros

Setelah anda mengaktifkan macro baru bisa membuka aplikasi raport KTSP Excel ini. Ketika membuat aplikasi raport ini excel yang digunakan adalah versi tahun 2007 untuk versi diatasnya belum pernah dicoba.

Bagi yang tertarik dan penasaran dengan aplikasi ini silahkan download aplikasi raport KTSP SD/MI ini melalui link dibawah ini :


Silahkan kembangkan dan sesuaikan dengan mata pelajaran di tempat anda mengajar. Anda bisa mempelajari aplikasi ini dengan membuka rumus-rumusnya.

Semoga artikel tentang aplikasi raport excel ini bermanfaat bagi dunia pendidikan kita khususnya bagi wali kelas aplikasi ini akan bermanfaat.
Comments

= > Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon