Download Kurikulum Darurat Madrasah Format Word - Pos Madrasah

Download Kurikulum Darurat Madrasah Format Word

Bagi madrasah yang saat ini belum mempunyai kurikulum darurat di masa pandemi covid bisa menggunakan contoh kurikulum yang dibagikan pada postingan ini.



Kurikulum darurat atau Suplemen Kurikulum Darurat adalah panduan mengenai mekanisme pembelajaran yang dapat dijadikan acuan oleh satuan pendidikan. Panduan ini sebenarnya bukan hanya digunakan pada masa covid 19 namun bisa digunakan jika bencana atau musibah.

Suplement Kurikulum darurat ini disusun dengan mengacu pada SK Dirjen Pendis No 2791 tahun 2020 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada madrasah dan KMA no 183 (tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah) dan 184 tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah. Dokumen Suplement Kurikulum Darurat yang kami susun ini mulai dilaksanakan pada tahun pelajaran 2020/2021 selama masa pandemi covid 19.

Dalam kurikulum ini ada hal-hal yang merupakan point penting dalam pembelajaran dalam masa darurat ini seperti konsep kurikulum darurat, konsep pembelajaran pada masa darurat, prinsip pembelajaran dalam masa darurat serta materi, metode dan media pembelajaran pada masa darurat.

Contoh-contoh isi dari kurikulum darurat dapat anda baca seperti dibawah ini.

1. Konsep Kurikulum Darurat


a. Kurikulum Darurat disusun dan dilaksanakan hanya pada masa darurat covid 19.

b. Penyusunan kurikulum darurat dilakukan dengan cara memodifikasi dan melakukan inovasi pada strukturkurikulum, bebanbelajar, strategi pembelajaran, penilaian hasil belajar dan lain sebagainya sesuai dengan kondisi madrasah.

c. Pada masa darurat covid 19, seluruh peserta didik tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran dari madrasah.

d. Kurikulum darurat hanya diterapkan pada masa darurat covid 19 dan dilakukan apabila madrasah mampu memenuhi persyaratan protocol kesehatan yang ditetapkan pemerintah setempat yang meliputi sarana yaitu Tempat cuci tangan, hand sanitizer, penataan kelas yang memenuhi physical distanching, bilik untuk penyemprotan disinfektan, Alat pengukur suhu badan, masker cadangan, pengoptimalan fungsi UKS dll. Bila kondisi sudah normal makakegiatan pembelajaran akankembali dilaksanakan secara normal seperti biasanya.

2. Konsep Pembelajaran Masa Darurat


a. Kegiatan pembelajaran pada masa darurat dilakukan dengan berpedoman pada Kalender Pendidikan Madrasah tahun pelajaran 2020/2021 yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

b. Kegiatan pembelajaran masa darurat dilakukan tidak hanya untuk mencapai ketuntasan kompetensi dasar (KD) kurikulum, namun lebih menititik beratkan pada penguatan karakter, praktek ibadah, peduli pada lingkungan dan kesalehan social lainnya.

c. Kegiatan pembelajaran masa daruratcovid 19 melibatkan guru, orang tua, peserta didik dan lingkungan sekitar.

d. Kegiatan pembelajaran dilakukan setelah madrasah melakukan:
Pemetaan/skrining zona desa/kelurahan tempat tinggal peserta didik, guru serta tenaga kependidikan yang ada di madrasah sebagai bahan penentuan pelaksanaan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh madrasah, selain itu untuk memastikan tempat tinggalnya bukan merupakan episentrum penularan Covid-19 (zona hijau) atau termasuk lingkungan yang tidak aman (zona merah), dalam hal ini dapat diketahui antara lain melalui gugus tugas penanganan covid 19, melalui aplikasi pemantauan covid 19 atau surat keterangan dari kepala desa/kelurahan atau kecamatan, selain itu pemetaan/ skrining kesehatan bagi pesertadidik, guru dan tenaga kependidikan untuk memastikan kondisi kesehatannya tidak berpotensi untuk menularkan atau tertular Covid-19 hal tersebut dapat ditunjukkan melalui surat keterangan sehat dari puskesmas sebagai bentuk pemenuhan kelengkapan apabila proses pembelajaran akan dilakukan secara tatap muka atau kelas nyata.

e. Kegiatan pembelajaran masa darurat dilaksanakan dengan mempertimbangkan terjaganya kesehatan, keamanan, dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan masyarakat baik pada aspek fisik maupun psikologi, untuk pembelajaran tatap muka atau kelas nyata hal tersebut ditunjukkan dengan surat rekomendasi dari pemerintah setempat melalui Kementerian Agama dan surat persetujuan dari orang tua.

Itulah contoh dari isi kurikulum darurat yang terdapat didalamnya. Untuk lebih jelasnya tentang dokumen 1 kurikulum darurat ini dapat anda unduh melalui link dibawah ini.


KTSP atau Kurikulum darurat diatas bisa digunakan bagi jenjang pendidikan madrasah mulai dari Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), hingga Madrasah Aliyah (MA).

Semoga contoh suplemen kurikulum darurat diatas bisa bermanfaat bagi madrasah yang saat ini harus melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi covid 19.
Comments

= > Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon